Penyebaran Pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu telah memberikan pelajaran besar bagi kita semua. Dampak yang ditimbulkan begitu besar, mulai dari masyarakat, pekerja, performa perusahaan dan perekonomian, baik nasional maupun global.

Untuk itu, belajar dari pengalaman yang ada, pencegahan dini dari penyakit apapun, seperti halnya TBC dan HIV/AIDS, mendapat porsi perhatian besar dari PT Rekayasa Industri (Rekind). Upaya pencegahan dini sangat penting, terutama dalam menjaga performa perusahaan ini ke depan.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih usai penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama Pencegahan Penyebaran TBC dan HIV/AIDS di lingkungan perusahaan Bersama PT Amerta Indah Otsuka dan Puskesmas Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, di Kantor Pusat Rekind, Jakarta, Rabu (19/6).

Fokus kesepakatan Bersama ini, lanjut Triyani Utaminingsih dipusatkan untuk penanggulangan TBC dan HIV/AIDS di tempat kerja, mengedukasi karyawan, memberikan dukungan bagi yang terjangkit melalui konseling dan menginformasikan pemahaman, penanggulangan dan pencegahan tentang penyakit-penyakit menular tersebut.

Apalagi, korelasi antara TBC dan HIV/AIDS, sangat erat. Hal itu dapat dilihat dari masih banyaknya kasus TBC pada negara-negara yang memiliki angka HIV tinggi. Lebih dari 10 juta orang terjangkit penyakit TBC setiap tahunnya. “Melalui kesepakatan Bersama ini Rekind akan berpartisipasi penuh, terutama untuk memetakan langsung wilayah-wilayah yang berisiko menyebarkan penyakit-penyakit tersebut, kata Triyani Utaminingsih yang hadir didampingi Direktur Keuangan dan SDM Rekind Dedy Rinaldi dan Edy Sutrisman SVP Corporate Secretary & Legal tersebut.

Rekind juga akan mengimplementasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), terkait pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS dan TBC. “Termasuk memastika keterlibatan karyawan dalam program dan kegiatan terkait serta mempromosikan lingkungan kerja yang mendukung dan bebas dari stigmatisasi dan diskriminasi terhadap HIV/AIDS dan TBC. Kami yakini, kegiatan ini, punya arti yang cukup besar, terutama dalam menunjang kemajuan dan eksistensi perusahaan ini ke depan,”tambahnya.

Rekind bertekad untuk tetap berdiri pada visi, kenyakinan dan niat yang sama untuk terus bisa menunjukkan performa terbaik perusahaan. “Semoga melalui sinergi ini mampu menciptakan hasil maksimal dan bermanfaat baik untuk perusahaan, masyarakat dan kita semua,”harapnya.