Melalui peran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya (TJSL), PT Rekayasa Industri (Rekind) berkomitmen mendukung pengembangan pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia melalui partisipasi aktifnya dalam Program AKSI (Ajang Kolaborasi Seluruh Insan) yang digelar PT Pupuk Indonesia (Persero).

Selama program AKSI Pertanian yang digelar selama 4 hari tersebut, karyawan Rekind, yang diwakili Mutholib Abidin dari Divisi IFS, tinggal di Desa Dieng Kulon RT03/02, di kediaman Petani Kentang Majiyanto bersama keluarganya. Melalui hubungan ini tercipta nuansa keakraban dan hubungan antara kedua belah pihak. Melalui interaksi ini, karyawan tidak hanya belajar tentang Teknik pertanian yang efektif, tetapi juga memahami tentang yang dihadapi petani dalam menjalankan usaha tani mereka.

Dalam keadaan ini, seluruh karyawan Pupuk Indonesia Grup tidak berfokus pada aspek teknis pertanian, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan petani. Dalam rangka ini, karyawan Rekind yang ikut dalam program ini juga menyerahkan uang saku perjalan dinas kepada petani yang rumahnya ditinggali. Uang saku ini diharapkan dapat memberikan tambahan dukungan finansial bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan mereka selama program berlangsung.

Sebagai bentuk dukungan nyata, Pupuk Indonesia melalui Rekind juga menyumbangkan sejumlah alat pertanian yang diperlukan petani. Alat-alat tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan pertanian. Selain itu, untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, Rekind juga menanam pohon pagar sebagai bagian dari upaya konservasi, yang berfungsi untuk melindungi lahan pertanian serta mendukung keanekaragaman hayati.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Rekind di bawah naungan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat. Melalui program AKSI, kami berusaha untuk membangun gambaran kehidupan petani dan menjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan petani,” ungkap SVP Corporate Secretary Rekind Edy Sutrisman.

Partisipasi dalam Program AKSI ini sejalan dengan komitmen Rekind untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian. Dengan terlibat langsung dalam kegiatan pertanian, Rekind berharap dapat memberikan dampak positif dan menciptakan solusi berkelanjutan bagi tantangan yang dihadapi di sektor ini. “Dengan pendekatan ini, Rekind tidak hanya berkontribusi di bidang bisnis perusahaan tapi juga mewujudkan ketahanan pangan dan sektor pertanian yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing.